Judul                : Save My Soul
Penerbit           : By Pass
Penulis             : Falla Adinda
Halaman         : 232

  Sinopsis :
Bercerita tentang Novel Save My Soul ini menceritakan 3 sahabat yang sangat kompak dari mereka berada di SMA, kuliah dan bekerja. Mereka adalah Annrudha yang sering di sapa Ann, Abhinara Fernando Herman yang sering dipanggil Abie, dan Rutha Salsabila Hermawan yang sering dipanggil Ruth. Mereka 3 sahabat yang sungguh menajubkan dengan  permasalahan yang mereka alami masing-masing.

Review :
Didalam novel ini sebenarnya menceritakan 3 kisah dari seorang sahabat yang masing-masing diantara mereka mempunyai konflik yang berbeda-beda.
Annrudha seorang gadis yang bertekad kuat menjadi seorang dokter, ketika impiannya terkabul, seakan tidak puas ia pun memberanikan diri mengambil spesialis. Semua bangga kepadanya, terutama kekasihnya yang bernama Saka, seorang asisten sutradara yang penghasilannya pas-pas an.
Kisah cinta mereka terbentur oleh status sosial yang telah di tetapkan oleh masyarakat. Meski Annrudha mencoba bertahan, seorang Saka tidak akan mampu untuk menyamai langkah wanita yang dicintainya . Hingga lama-kelamaan Ann menyadari bahwa di umur ia yang sudah menginjak 26 , yang dimana semua teman-temannya sudah memiliki anak tetapi ia sendiri pun belum merasa punya masa depan untuk menjalin ke pernikahan yang serius bersama Saka karena didalam hatinya pun ia tidak yakin memiliki masa depan itu bersama saka . Akhirnya dia memtuskan untuk berpisah dengan Saka dan mendapatkan seorang laki-laki yang mencintainya bernama Brama, hingga mereka menikah dan hidup bahagia.
Abhinara Fernando Herman sahabat Ann dan juga Ruth , seorang laki-laki yang memiliki wajah yang tampan, dan juga mapan. Tapi sayangnya ia selalu merasakan kesepian, karena ia tidak lagi percaya akan cinta setelah dikhianati oleh kekasihnya saat ia masih kuliah di Belanda. Hari demi hari ia lewatkan dengan bekerja , bekerja, dan bekerja. Sampai suatu hari ia menyadari bahwa hidup seharusnya bisa ia nikmati , dan ia memulai keluar dari zona nyamannya dan melanjutkan kuliah S2 nya di Belanda.
Rutha Salsabila Hermawan adalah gadis yang mempunyai cita-cita seorang psikolog dan akhirnya menjadi kenyataan. Dan ia memiliki kekasih yang bernama Bima yang selalu setia kepada , walaupun hidunya bisa dikatakan sempurna ternyata ia memiliki penyakit Kanker. Selama hidupnya dia selalu mendapatkan suport dari orang-orang sekelilingnya, tetapi yang namanya takdir hidup sehebat apapun kita merancangnya Tuhan lah yeng mempunyai skenario nya sendiri, Karena penyakit itu akhirnya ia meninggal dunia.

Termasuk kedalam Cinta Eros :
Karena cerita ini berkaitan dengan cerita cinta antara pria dan wanita, yang disuguhi beberapa konflik yang berbeda.

Unsur IBD :

Manusia dan Harapan 
Ketika Bima (kekasih ruth) sudah tau bahwa ruth memiliki penyakit yang parah, ia tidak pernah sekalipun berpikir untuk meninggalkan ruth. Tetapi malah bima ingin menikahi ruth, karena ia ingin menemani ruth di masa hidupnya hingga akhirnya ruth meninggal dunia.

Manusia dan cinta kasih 
Ketika Ann dan Saka pacaran , ia selalu mencintai, menyanyangi satu sama lain walaupun dengan profesi yang berbada-beda .

Manusia dan penderitaan 
Ketika ruth memiliki penyakit kanker yang mengubah hidupnya.

Manusia dan pandangan hidup 
Ketika Ann dan Saka memutuskan untuk mengakhiri hubungan mereka. Karena, mereka memiki tujuan hidup masing-masing yang tidak mungkin mereka jalani secara bersama-sama.

Manusia dan kegelisahaan 
Kegelisahan itu terjadi ketika Ann memikirkan masa depannya bersama Saka, sedangkan Saka bertolak belakang dengan Ann. Karena Saka tidak sanggup untuk menyadingi penghasilan yang didapatkan oleh Ann.

Manusia dan keindahan 
Ketika Ann menemukan kembali pujaan hatinya, dan mereka hidup bahagia selamanya.


 

Komentar

Posting Komentar